Berendam air hangat sebelum tidur bisa mengatasi masalah insomnia dan mengurangi depresi?

Insomnia merupakan masalah yang serius di era modern ini, dimana aktifitas semakin rumit, jadwal semakin padat, namun aktifitas kurang maksimal karena waktu istirahat kita terganggu atau kurang, maka segalanya menjadi kacau mulai dari konsentrasi terganggu, fisik tidak maksimal, sering menguap ketika bertemu client atau atasan tentu ini sangat mengganggu dan sangat memalukan.

Para ahli mengungkapkan bahwa masalah insomnia bisa diatasi dengan berbagai cara mudah di rumah. Salah satunya adalah dengan mandi air hangat minimal 2 jam sebelum tidur.

Riset dilakukan oleh peneliti dari University of Freiburg, Jerman, dengan menganalisis 45 orang yang mengalami depresi. Dalam riset ini, peserta dibagi menjadi 2 kelompok, di mana salah satu kelompok diminta untuk mandi dengan air bersuhu 40 derajat Celsius selama setengah jam.

Sementara itu, kelompok kedua diminta untuk berolahraga aerobik dengan durasi 40 hingga 45 menit sebanyak dua kali dalam seminggu.

Riset ini dilakukan selama 8 minggu. Hasilnya, peserta yang mandi air hangat setiap hari memiliki rata-rata pengurangan depresi lebih baik.

Hasil riset ini menunjukan bahwa mandi air hangat sangat efektif untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi dan mengatasi insomnia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.