Stres Saat Karantina Di Rumah ? Lakukan Ini

Untuk menjaga diri dan ikut peduli gerakan memperlambat penyebaran COVID-19 sesuai anjuran pemerintah, kita dihimbau untuk di rumah aja atau stay at home bahkan kerja pun work from home.

Jika mengharuskan kita keluar rumah itupun hanya jika ada kepentingan mendesak saja, tentu ada nilai plus ketika kita kerja dirumah, tidak perlu macet macetan, diomelin bos karena telat dll, bisa kerja lebih nyaman di rumah tapi apakah seindah yang dibayangkan?

Ternyata tidak selalu begitu, senang mungkin hanya terjadi di 3 atau 4 hari pertama, setelah itu? Tentu saja bosan sampai stres karena tidak bisa kemana mana.

Ada beberapa cara yang dapat sobat hicop coba untuk mengurangi stres yang diakibatkan #stayathome atau dirumah berkepanjangan antara lain.

1. Kerja sambil mendengarkan musik favorit
Mendengarkan music bisa mengurangi stress dan meningkatkan mood dalam melakukan aktivitas, menurut penelitian yang di publikasikan dalam “The Journal of Positive Psychology” mengungkap bawa mendengarkan music selama 2 minggu rutin bisa memperbaiki mood dan penurunan tingkat stress, para ilmuwan dari University of Missouri setuju bahwa mendengarkan musik dapat memperbaiki suasana hati

2. Sering minum air putih
Selain untuk menjaga kesehatan, minum air putih teratur dan sering juga dapat merilekskan syaraf dan meningkatkan  focus dalam bekerja.

3. Olah raga teratur
Didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, olah raga selain dapat menjaga kesehatan fisik ternyata dapat menjaga kesehatan mental juga, tidak selalu olah raga berat dan keluar rumah anda dapat melakukan lari lari kecil keliling rumah atau melakukan yoga dan senam di rumah anda.

4. Mandi rutin 2 x sehari dengan air hangat
Hayo ngaku siapa di sini sahabat HiCOP yang stay at home atau dirumah aja mandinya cuma 1 x sehari?

Mandi secara rutin selain menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh ternyata juga dapat mengurangi stress & meningkatkan mood.

Mandi air hangat waktu pagi dapat meningkatkan mood dan semangat dalam memulai aktifitas dedangkan mandi air hangat di sore hari dapat menurunkan stress dan merilekskan tubuh setelah seharian bekerja.

Untuk mengetahui manfaat lain air hangat dapat membaca artikel yang lain tentang “Berendam air hangat sebelum tidur bisa mengatasi masalah insomnia dan mengurangi depresi?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.